Jumat, 05 November 2010

Teknologi Pendidikan


Pendidikan merupakan investasi yang paling utama bagi setiap bangsa, terutama bagi bangsa yang sedang berkembang. Dalam arti kata pembangunan hanya dapat dilakukan oleh bangsa yang telah dipersiapkan untuk membangun negaranya melalui pendidikan. Karena pada hakekatnya pendidikan merupakan cermin peradaban suatu bangsa. Bangsa yang peradabannya tinggi ditandai dengan tingkat pendidikan yang relatif tinggi bagi warga negaranya.

Tingkat pendidikan yang tinggi bergantung pada mutu pendidikan yang mana berkaitan erat dengan proses belajar mengajar. Dewasa ini para ahli berusaha untuk meningkatkan proses belajar mengajar itu menjadi suatu ilmu atau teknologi yang dapat dikenal dan dikuasai langkah-langkahnya. Disinilah peran teknologi pendidikan sangat diperlukan.

Pengertian teknologi pendidikan
  • Technology : penerapan sain dalam pemecahan masalah.
  • Teknologi pendidikan : suatu proses yang kompleks dan terpadu yang melibatkan manusia, prosedur, ide, peralatan, serta pengorganisasian dalam menganalisis, merancang,, melaksanakan, mengevaluasi dan mengelola pemecahan masalah segala aspek tindakan belajar manusia.
  • Teknologi instruksional : suatu proses yang kompleks dan terpadu yang melibatkan manusia, prosedur, ide, peralataan serta organisasi dalam menganalisis, merancang, melaksanakan, mengavaluasi dan mengelola pemecahan masalah dalam situasi dimana belajar itu bertujuan dan terkontrol.

0 komentar:

Selamat Datang di Situs Pendidikan

Meskipun sebagian di antara kita mengetahui tentang apa itu pendidikan, tetapi ketika pendidikan tersebut diartikan dalam satu batasan tertentu, maka terdapat bermacam-macam pengertian.

Pages

 
Pendidikan - Template By Blogger Clicks